Dear Mom (Ficlet)

Dear MomAuthor : Xan She

Title : Dear Mom

Main Cast :

  • Seo Joo Hyun a.k.a Seohyun ‘SNSD’

Genre : Life, Family

Length : Ficlet (643 words)

Rating : G

Disclaimer : Terinspirasi dari lagu yang dipopulerkan oleh SNSD “Dear Mom”

Note : Baca ficlet ini hingga kau tau betapa kau sangat mencintai ibumu.

—<><>—

Dear Mom,

Are you okay?

Mungkin ini terlambat, tapi aku pasti akan sangat menyesal bila tidak mengungkapkan ini.

Entah sudah berapa banyak air mata yang kubuang untuk menyesali semua kebodohanku. Kebodohan yang benar-benar membutakanku.

Selalu berdiri di ujung jalan sambil mengawasiku bermain bersama teman-temanku semasa kanak-kanak. Aku benci selalu diperhatikan, sementara teman-temanku yang lain dapat bermain dengan bebasnya.

Aku sengaja bersembunyi di balik pohon besar, berharap kau akan segera pergi. Tapi apa yang kau lakukan? Kau malah berjalan mendekat dengan raut cemas sambil berusaha mencariku kesana kemari. Aku kesal pada saat itu. Yang kumau adalah kau pergi sejauh-jauhnya dan membiarkanku bermain dengan bebas. Apa kau tau betapa marahnya aku saat kau memaksaku pulang ketika hari sudah sore?

Eomma, mengapa baru sekarang? Mengapa baru sekarang aku menyadari perhatian dan kasih sayangmu? Kau selalu mengawasiku kemanapun dan apapun yang kulakukan. Kau akan berlari menghampiriku ketika aku terjatuh dan tidak ada seorangpun yang menolongku. Kau memapahku berdiri dan dengan cemas bertanya “gwaenchanha?”. Satu kata singkat yang terdengar sangat menyebalkan pada saat itu, tapi justru begitu kurindukan saat ini.

Sepotong roti selalu kau sisipkan ke dalam tas sekolahku ketika aku duduk di bangku sekolah dasar. Aku bahkan tidak bisa mengingat kapan aku berangkat sekolah tanpa membawa roti, kau tidak pernah lupa membawakannya untukku. Tapi, apa kau tau bahwa aku juga ingin merasakan jajanan sekolah seperti teman-temanku yang lain? Kau bilang makanan di pinggir sekolah tidak sehat, tapi aku tidak peduli. Apa kau tau aku sangat iri dengan anak-anak lain pada saat itu? Kau bilang kau tidak punya cukup uang untuk memberiku uang jajan, aku tidak peduli. Aku selalu menangis saat kau menasehatiku untuk menjadi anak yang baik? Apa menurutmu aku masih kurang baik?

Eomma, hari ini aku baru menyadarinya. Berkali-kali kau mengatakan padaku untuk selalu bersyukur walau hanya dapat memakan sepotong roti untuk bekal makan siang. Kau juga bilang masih banyak anak-anak lain yang tidak seberuntung diriku. Jangankan memakan roti, sebutir nasi pun sangat sulit didapat. Kini aku mengerti.

Pada pesta kelulusanku sebagai siswi sekolah menengah pertama, kau membuatkanku sebuah gaun pesta. Aku hampir tidak mau menghadiri pesta kelulusanku karena gaun itu. Apa kau tau bahwa seleramu terlalu kuno? Bahan yang kau pilih pun bukan bahan dengan kualitas terbaik. Memakai gaun itu selama empat jam benar-benar membuatku tersiksa. Bukan hanya sekedar kepanasan, aku juga berjuang menahan malu ketika semua temanku mengomentari penampilanku. Namun, dengan bangganya kau mengumumkan bahwa gaun yang kukenakan adalah hasil karyamu hingga membuat semua orang menertawakanku.

Aku benci, aku malu, aku sangat ingin menghilang saat itu juga. Kau berusaha menenangkanku, dan tanpa sadar aku memaki dan memarahimu. Namun kau tak pernah balik memarahiku. Dengan suara bergetar kau berkata “Maafkan Eomma. Eomma hanya ingin kau mengenakan baju baru saat pesta kelulusanmu.”

Apa kau tau kalau aku sangat menyesal karena telah melukaimu saat itu? Tapi aku terlalu pengecut untuk meminta maaf. Terlambatkah bila aku meminta maaf padamu hari ini? Aku mulai berpikir tentang dirimu yang tidak pernah sekalipun kulihat mengenakan pakaian baru. Kau bahkan rela tidur larut malam sepanjang hari hanya demi menyelesaikan gaun yang akan kau berikan untukku. Kau tidak mengeluh saat jari-jarimu terluka ketika menjahit gaun itu.

Eomma, aku tau kau tidak mempunyai cukup uang untuk membelikanku pakaian mewah seperti teman-temanku yang lain. Aku tau kau selalu berusaha agar aku tidak merasa kalah dari anak-anak lain. Aku tau kau jauh lebih terluka saat melihatku menangis menginginkan sesuatu yang tak sanggup kau belikan untukku.

Eomma, seharusnya aku menyadarinya sejak awal bahwa aku adalah anak yang paling beruntung di dunia ini karena memiliki ibu seperti dirimu. Aku berjanji, aku akan menjadi anak yang lebih baik dari masa lalu. Aku tidak akan pernah menyia-nyiakan cinta yang selalu kau berikan hingga detik ini.

Apa kau tau bahwa aku sangat merindukanmu saat ini? Kuharap kau tersenyum melihat diriku yang sekarang. Aku akan berusaha tegar walau aku tak bisa lagi merasakan hangatnya pelukanmu.

Eomma, jeongmalyo sranghaeyo…

 

Seo Joo Hyun

 

FIN

 

Note : Saranghaeyo atau kalimat “Aku mencintaimu” adalah kalimat yang sangat indah bila diucapkan dengan ketulusan. Hari ibu hanya sehari dalam setahun, jadi jangan sia-siakan hari ini. Sudahkah kamu menghampiri ibumu hari ini? Menggenggam tangannya yang hangat, lalu berkata sambil tersenyum tulus “Mah, selamat hari ibu, aku mencintaimu.”

Beruntung bila kamu berada dekat dengan ibumu. Namun bila kau sedang berada jauh darinya, hubungilah dia, sapalah dia, tanyakan kabarnya dan katakan bahwa kau sangat mencintainya.

Lakukanlah sebelum kau menyesal dikemudian hari.

Ficlet ini special kupersembahkan untuk seluruh ibu di dunia.

Special for my mom… “Mom, I love you.”

 

6 thoughts on “Dear Mom (Ficlet)

  1. Baca sambil dengerin lagu Dear Mom-nya SNSD… Makin terisak bacanya. Seringkali memang kesal klau trlalu diperhatiin, tp namanya jg Ibu ya, selalu khawatir sama buah hatinya.

    Eomma jeongmallo saranghae-yo TT

  2. hiks..hiks..hiks
    pinter bnget sih thor klw bkin org nangis ..
    aq bca ni ff tlat bngt yah
    cz bru nemu soalx ..

    mo ngucapin “meet hari ibu” udh tlat buangett,, jdi aq ngucapin ini aj yah
    “DAEBAK FFNYA”

Don't be a silent reader & leave your comment, please!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s